Skip to content

Apa itu Cloud Server

Cloud server semakin diperhitungkan keberadaannya dengan adanya Covid-19. Bagaimana tidak, menurut prediksi Gartner yang di kutip oleh Grid.id 85% organisasi di dunia akan mulai beralih ke prinsip cloud-first.

Cloud server adalah server virtual terpusat yang dikumpulkan di host dan di sambungkan melalui jaringan internet dan di akses sesuai dengan kebutuhan oleh beberapa pengguna. Teknologi ini dapat berfungsi sama dengan server fisik, sebagai media penyimpanan, dan sebagai fondasi dari aplikasi.

Cloud server dapat dijadikan wadah untuk membangun, menyimpan, dan mengirim setiap data via platform cloud computing. Di dalamnya juga telah terdapat software yang dibutuhkan untuk menjalankan dan berfungsi sebagai unit yang independen.

Sementara, cloud computing sendiri adalah beberapa server yang tersambung menjadi satu kesatuan untuk membagikan data yang tersambung dengan internet yang kemudian disewakan sebagai sebuah software atau aplikasi. Layanan berbasis cloud biasanya terkenal dengan sebutan web hosting, data hosting ataupun software.

Kelebihan Cloud Server

Affordable (Terjangkau)

Menggunakan cloud dari penyedia layanan cloud akan lebih terjangkau dibanding Anda harus membeli dan merawat server fisik Anda sendiri. Anda juga dapat mengatur biaya penggunaan resource sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Scalable (Skalabilitas)

Perkembangan teknologi pada IT bisnis anda pastinya akan berubah setiap waktunya, cloud memungkinkan Anda untuk dapat cepat mengubahnya untuk di scale-up atau down sesuai dengan kebutuhan bisnis IT Anda.

Convenience (Kenyamanan)

Penggunaan cloud yang di tawarkan oleh penyedia layanan cloud biasanya dapat dibangun dengan waktu provisioning yang cepat dan mudah untuk dikelola dengan control panel yang simple atau API. Sehingga tim IT anda juga tidak lagi merasa kesulitan untuk mengelola infrastruktur on-premise yang rumit. Cloud juga dapat di akses di mana saja selama pengguna terhubung dengan internet.

Reliable (Dapat diandalkan)

Cloud dapat memberikan performa yang sama dengan dedicated server. Hal ini dikarenakan di dalam cloud terdapat beberapa server, sehingga sistem dapat tetap berjalan walaupun salah satu komponennya mengalami kegagalan.

Jika anda membutuhkan layanan cloud computing, Eranyacloud bisa memberikan anda solusinya. Eranyacloud adalah cloud service provider/penyedia layanan cloud computing di Indonesia yang telah bersetifikasi ISO 27001 dan ISO 9001. Eranyacloud merupakan cloud lokal pertama di Indonesia yang menggunakan AMD EPYC chip yang memungkinkan pengguna untuk menikmati layanan high-performance cloud. Hubungi kami (klik di sini) untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan cloud yang ditawarkan oleh Eranyacloud. Jika anda merupakan pemilik usaha start-up anda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai fungsi cloud bagi start-up pada artikel berikut ini (Klik di sini).

Click here for more information and consultation with our expert
Contact us