Skip to content

Mengenal Fenomena Startup Winter dan Upaya Apa Yang Dapat Dilakukan?

Istilah Winter Is Coming bukan lagi hanya menjadi salah satu episode di serial televisi Game of Thrones, namun belakangan pakar ekonomi juga mulai memberikan seruan winter is coming kepada para pemilik startup.

Isu ini semakin berkembang dengan beredarnya kabar dari beberapa perusahaan startup yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagai bentuk efisiensi dari perusahaan. Menurut Director Center of Economic and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira, musim dingin di industri startup masih berjalan cukup panjang. Bahkan Roderick Purwana sebagai Managing partner East Ventures yang dikutip dari CNBC Indonesia menyebutkan periode startup winter ini bisa berjalan 6-18 bulan mendatang.

Maka dari itu, Menurut Bima Yudhistira, startup saat ini disarankan untuk tidak hanya mengandalkan pendanaan baru saja, namun juga memerlukan stategi yang tepat untuk memerangi fenomena startup winter ini. Selain itu startup juga dituntut untuk melakukan evaluasi target, mengubah model bisnis, dan pastinya melakukan inovasi layanan atau produk, juga melakukan kolaborasi dengan pihak yang potensial.

Penggunaan cloud computing sebagai upaya untuk efisiensi IT bisnis

Berbicara mengenai efisiensi, di periode musim dingin ini tentunya para pelaku startup harus memutar otak untuk menghemat pengeluaran perusahaan, salah satunya pada bidang IT. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mulai menggunakan layanan cloud computing untuk menghemat investasi IT dan juga mempercepat inovasi layanan dan produk yang Anda tawarkan ke pelanggan. Mengapa demikian? Simak 3 alasan mengapa cloud computing dapat menjadi solusi efisiensi IT anda:

Pembayaran sesuai dengan kapasitas layanan yang dibutuhkan

Bagi startup yang ingin melakukan efisiensi anggaran, cloud computing dinilai menjadi solusi yang tepat bagi IT bisnis karena sistem pembayarannya berdasarkan penggunaan kapasitas layanan yang dibutuhkan, sehingga jika kapasitas layanan yang dibutuhkan tidak terlalu besar, Anda dapat menyesuaikan dengan kemampuan scalable yang dimiliki oleh cloud.

Agile, dapat beradaptasi secara cepat dengan inovasi bisnis

Cloud computing memiliki kemampuan agility atau kelincahan yang dapat membantu Anda untuk melakukan inovasi pada IT bisnis Anda. Bagi para pemilik startup, salah satu kunci untuk meningkatkan efisiensi penggunaan cloud adalah dengan mengetahui workload dan jenis layanan cloud apa yang dibutuhkan untuk dioptimalisasikan secara maksimal.

Flexible dan Scalable

Bagi yang ingin melakukan penghematan, solusi cloud dapat dipilih karena fleksibilitas nya dimana pelaku usaha dapat menyesuaikan kebutuhan kapasitasnya dan bisa melakukan scale-up dan down dengan cepat. Sehingga dapat dijadikan solusi anggaran IT secara berkelanjutan dalam jangka waktu yang lama.

Tentunya, untuk memberikan inovasi dan layanan terbaik kepada pelanggan anda membutuhkan kolaborasi dengan partner cloud service provider yang tepat. Eranyaloud hadir di Indonesia dengan cloud computing lokal pertama yang menggunakan AMD EPYC chip, di mana pengguna dapat merasakan kecepatan hingga 5x lebih tinggi daripada CPU pada umumnya. Selain itu, Eranyacloud juga memiliki sistem pembayaran yang simple dan menjauhkan anda dari bill-shock karena layanan kami sudah termasuk biaya penggunaan bandwidth.

Tidak perlu ragu akan keamanan, karena Eranyacloud telah memiliki sertifikasi ISO 9001 dan ISO 27001 dengan SLA 99.9%. Sehingga kami memastikan keamanan informasi dan memberikan kenyamanan pelanggan yang terbaik.

Jadi sudah siap kah Anda untuk menempuh Startup Winter kali ini? Eranyacloud siap membantu anda 24×7. Klik di sini untuk tahu lebih lanjut mengenai produk cloud computing dari Eranyacloud dan klik di sini untuk berdiskusi mengenai kebutuhan IT Anda.

Click here for more information and consultation with our expert
Contact us