Skip to content

7 Manfaat dan Cara Memilih Managed Service Provider Terbaik

Apa itu managed service?

Di era digitalisasi peran cloud computing semakin penting penggunaannya bagi sebuah perusahaan. Namun, masih banyak pengguna yang kesulitan dalam mengelola infrastruktur cloud perusahaan mereka. Cloud managed service muncul dari adanya permasalahan sulitnya perusahaan-perusahaan dalam mengelola  infrastruktur cloud mereka dengan optimal.

Mengelola layanan cloud sebuah perusahaan memang bukanlah hal yang mudah, tak semua  perusahaan memiliki resource yang memadai untuk mengelola prasarana cloud infrastructure mereka sendiri. Pengelolaan cloud computing harus dilakukan dengan optimal dari segi pembangunan, pengoperasian, dan perawatannya.

Managed service hadir sebagai solusi permasalahan tersebut. Managed service adalah solusi IT yang diciptakan untuk membantu pengelolaan infrastruktur sebuah perusahaan. Solusi ini sangat tepat bagi sebuah perusahaan yang tidak banyak memiliki resources yang banyak untuk mengelola IT sistem atau infrastrukturnya, sehingga perusahaan dapat lebih fokus untuk memajukan strategi bisnisnya.

Bukan hanya itu, layanan ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan monitoring resources aplikasi secara berkala, sehingga anda dapat menggunakan resources anda secara lebih maksimal. Lalu bagaimana cara memilih provider managed services yang baik? dan apa saja manfaat yang bisa didapatkan jika Anda menggunakan managed service? simak cara dan manfaatnya berikut ini:

Cara Memilih Managed Service Provider

1. Cek Kebutuhan Bisnis

Cek terlebih dahulu infrastruktur IT bisnis Anda, hal tersebut dapat membantu Anda untuk menganalisis kebutuhan apa saja yang perlu dikelola oleh managed service provider.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk menganalisa hal tersebut, managed service provider juga dapat membantu Anda untuk mengonsultasikan solusi IT apa saja yang dapat disediakan.

2. Pertimbangkan Layanan yang Ditawarkan

Menentukan layanan yang anda ingin optimalkan sebelum menggunakan provider merupakan langkah selanjutnya. Berikut adalah beberapa layanan yang biasa yang ditawarkan oleh managed service provider:

  • Perawatan hardware
  • Instalasi software dan pengelolaan pembaruan dan perbaikan
  • Diagnosis dan pemecahan masalah jarak jauh
  • Keamanan data dan recovery data
  • Pemantauan jarak jauh secara terus menerus dari operasi jaringan Anda untuk mendeteksi dan merespons secara agresif potensi masalah
  • Layanan support 24/7

3. Ketahui Service Level Agreement (SLA)

Service Level Agreement (SLA) adalah jaminan antara pengguna dengan penyedia managed service mengenai kompensasi yang akan didapatkan bagi pengguna jika suatu saat terjadi downtime pada IT infrastruktur yang dikelolanya. Bukan hanya itu, SLA juga dapat menjamin lamanya waktu penanganan terhadap suatu problem yang terjadi pada IT infrastruktur Anda.

7 Manfaat Menggunakan Managed Service Untuk Perusahaan

1.       Biaya pemeliharaan dan pengelolaan terjangkau

Dengan menggunakan managed service, Anda dapat menghemat biaya pemeliharaan dan pengelolaan IT. Bagaimana tidak, jika Anda bisa mengurangi biaya yang anda keluarkan untuk membayar IT operasional harian.

Managed sService bisa menjadi solusi bagi perusahaan untuk menekan biaya pengelolaan IT mereka. Dengan menggunakan managed ervice sebuah perusahaan bisa menghemat biaya konfigurasi, hardware, software, infratruktur jaringan, SDM dan maintenance.

2.       Meningkatkan Efisiensi

Penyedia layanan manage service dapat membantu Anda dalam merancang IT infrastruktur agar memiliki performa yang maksimal. Sistem yang dirancang oleh provider akan meningkatkan ketahanan usaha di masa mendatang.

3.       Keamanan Data Terjamin

Masalah keamanan data merupakan hal yang sangat sensitif apalagi data yang menyangkut informasi privasi konsumen. Perusahaan yang tidak bisa menjaga data-datanya dengan baik akan menimbulkan brand image yang buruk di mata konsumen.

manage service provider dapat menjamin keamanan data perusahaan dengan teknologi dan sertifikasi yang dimiliki, mereka dapat membantu anda untuk mengamankan data dan informasi Anda dari serangan malware dan ransomware.

4.       Update Otomatis

Managed service provider dapat menjaga kinerja perusahaan Anda karena akan ada upgrade otomatis sesuai infrastruktur yang dibutuhkan di perusahaan Anda.

Perusahaan dapat menambah atau mengurangi layanan pada cloud mereka sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan. Cloud managed provider akan terus melakukan update untuk menunjang performa perushaan Anda.

5.       Meningkatkan Fokus Bisnis

Di antara kelebihan managed service yang paling penting adalah Anda dapat meningkatkan fokus bisnis perusahaan. Sebuah perusahaan cukup mengelola perkembangan bisnisnya tanpa harus repot-repot lagi untuk memikirkan operasional IT perusahaan harian yang rumit dan membutuhkan pekerja yang ahli di bidangnya.

6.       Dukungan 24/7

Masalah dapat terjadi kapan saja bahkan di waktu yang tidak diduga-duga. Layanan ini membantu perusahaan selama 24/7 bersama professional support untuk mengatasi segala macam kendala IT infrastruktur perusahaan yang dialami, sehingga bisnis sebuah perusahaan bisa terus berjalan maksimal.

7.       Disaster Recovery

Bencana bisa terjadi kapan saja tanpa ada yang tahu pasti kapan kedatangannya. Saat bencana terjadi keberlangsungan perusahaan bisa terganggu karena terjadinya downtime secara tiba-tiba. Dengan disaster recovery Anda bisa tetap menjaga data-data perusahaan Anda dan dapat memulihkan data-data yang diperlukan.

Cloud Managed Service Provider Terbaik dari Eranyacloud

Managed service provider harus bisa menawarkan keunggulan-keunggulan di atas dari biaya pemeliharaan dan pengelolaan yang terjangkau, meningkatkan efisiensi, menjaga keamanan data, up to date, membantu meningkatkan fokus bisnis, dukungan 24/7 sehingga perusahaan bisa fokusfocus ke inti bisnis mereka.

Eranyacloud adalah pilihan managed service provider yang tepat untuk perusahaan Anda karena memiliki high performance infrastruktur yang berjalan di data center tier 4 yang mampu mengintegrasikan berbagai industri. Bukan hanya itu, Eranyacloud juga terjamin keamanannya. Layanan kami telah bersertifikasi ISO 9001 dan ISO 27001. Kapanpun Anda membutuhkan bantuan mengenai solusi IT yang anda butuhkan, anda dapat menghubungi Eranyacloud. Eranya digital ya Eranyacloud.

Click here for more information and consultation with our expert
Contact us