Skip to content

Tips Memilih Cloud Service Provider

Cloud Service Provider (CSP) atau penyedia layanan cloud saat ini tergolong menjadi industri yang di cari perusahaan untuk memenuhi kebutuhannya dalam bertransformasi di era digital. Kemampuan fleksibilitas dan skalabilitas yang dimiliki cloud computing membuat berbagai industri beralih menggunakan layanan cloud karena memungkinkan pengguna untuk mencapai efisiensi terutama dalam bidang ITnya.

Jika Anda belum menggunakan cloud saat ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan pertimbangkan. Salah satunya ketika Anda ingin memilih penyedia layanan cloud atau cloud service provider. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan ketika Anda ingin memilih cloud service provider dari mulai kebutuhan perusahaan, performa infrastruktur dan arsitektur yang di tawarkan, keamanan data pengguna, compliance, lokasi penyimpanan data dan Service Level Agreement (SLA) yang ditawarkan oleh cloud provider tersebut.

Kebutuhan Perusahaan

Sebelum memilih penyedia layanan cloud, anda harus mengetahui dan mengevaluasi kebutuhan perusahaan atau organisasi dan apa yang Anda ekspektasikan dari cloud provider yang Anda pilih. Misal jika Anda memiliki alasan migrasi ke cloud karena penghematan biaya, Anda perlu membuat catatan terlebih dahulu sehingga Anda dapat mengkomunikasikannya kepada penyedia layanan cloud yang Anda inginkan.

Performa infrastruktur dan asitektur yang ditawarkan

Saat memilih cloud service provider, perusahaan perlu memikirkan performa infrastruktur dan bentuk arsitektur yang akan dimasukkan ke dalam operasional bisnis baik saat ini maupun untuk jangka panjang. Selain itu, perusahaan juga harus mengetahui server yang digunakan oleh penyedia layanan cloud, hal ini dikarenakan setiap penyedia layanan cloud memiliki kemampuan dan ciri khasnya masing-masing dan dapat memenuhi kebutuhan yang berbeda-beda.

Keamanan data pengguna

Keamanan data perusahaan dan pengguna adalah hal kritikal yang harus diperhatikan ketika anda memilih penyedia layanan cloud. Tentunya setiap perusahaan memiliki policy atau aturan berbeda terhadap perlindungan data mereka. Jadi penting bagi perusahaan untuk mengajukan pertanyaan dan memastikan hal-hal terkait keamanan data perusahaan kepada cloud provider yang dipilih.

Compliance

Penyedia layanan cloud terikat dengan aturan dan hukum yang berlaku. Sebelum anda menunjuk CSP yang diinginkan, pastikan mereka telah mematuhi hukum yang berlaku sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terkait hukum yang berlaku.

Lokasi penyimpanan data

Beberapa industri yang berjalan saat ini harus mematuhi peraturan yang berlaku di Indonesia. Salah satunya terkait lokasi penyimpanan data atau lokasi data center dari penyedia layanan cloud. Jadi penting bagi Anda untuk mengetahui dan memastikan kepada penyedia layanan cloud yang anda pilih, dimana lokasi penyimpanan data Anda.

Layanan support

Sebelum memilih CSP pastikan Anda mengetahui support apa saja yang diberikan, prosedur, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan tim support dari CSP tersebut dalam mengatasi sebuah masalah jika terjadi kesalahan terhadap server. Jangan sampai anda memilih CSP dengan layanan support yang lamban dan akan menghambat kinerja server Anda.

Service Level Agreement (SLA)

SLA menjadi elemen yang sangat penting ketika perusahaan memiliki kriteria dan persyaratan yang ketat dalam hal ketersediaan dan waktu respon yang diberikan oleh penyedia layanan cloud. Perjanjian mengenai SLA ini menjadi krusial untuk membangun kontrak kerja sama yang jelas antara perusahaan dan provider. Apalagi jika perusahaan Anda merupakan bisnis yang krusial yang membutuhkan uptime yang tinggi.

Sistem pembayaran

Biaya merupakan salah satu yang juga harus diperhatikan ketika memilih CSP. Anda perlu mengetahui bagaimana skema pembayaran yang ditawarkan oleh CSP tersebut dan layanan apa saja yang diberikan ketika Anda akan mengeluarkan biaya untuk kebutuhan cloud Anda.

Dengan banyaknya penyedia layanan cloud saat ini, Anda tentu perlu memilih mana yang tepat untuk bisnis Anda. Eranyacloud dapat menjadi pilihan terbaik untuk bisnis Anda. Eranyacloud merupakan lokal cloud provider yang memiliki 2 lokasi data center di Indonesia dengan level Tier 3 dan Tier 4. Selain itu kami juga menawarkan support 24×7 dengan SLA 99.9%. Menjaga keamanan data dan informasi pelangan merupakan komitmen kami, dengan itu kami juga telah dilengkapi dengan sertifikat ISO 9001 dan ISO 27001. Kami juga menawarkan sistem pricing yang simple untuk memudahkan Anda dan terhindar dari billshock akibat banyaknya hidden cost yang tak terduga. Pelajari lebih lanjut layanan dan produk yang kami tawarkan di sini atau kontak tim sales kami melalui WhatsApp Business kami di sini.

Click here for more information and consultation with our expert
Contact us